SHARE

SEKAYU, FOKUSWARTA – Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Drs H Apriyadi MSi dalam pembukaan rapat tahunan forum musyawarah pemangku adat Muba, di Wisma Atlet Sekayu, Selasa (17/10/2017) menghimbau untuk sama-sama melestarikan adat istiadat yang ada di masyarakat.

“Kita harus menjaga kelestarian adat istiadat yang ada di masyarakat. Dengan harapan dapat tetap dipatuhi dan ditaati sehingga keharmonisan hidup masyarakat di Bumi Serasan Sekate yang sudah beraneka ragam tetap terjaga,” ujarnya

Dalam mengevaluasi tugas yang telah dilaksanakan oleh pemangku adat marga, kepada Ketua Forum Musyawarah Pemangku Adat Tingkat Kabupaten Muba agar selalu mengadakan pembinaan, pengembangan, dan pelestarian adat istiadat yang hidup ditengah-tengah masyarakat supaya dapat dilestarikan kepada generasi yang akan datang.

“Untuk itu khususnya kepada pemangku adat marga dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan harus bekerjasama dengan camat, para kades serta lurah,” tambah Plt Sekda.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Muba Ardiansyah mengatakan rapat tersebut bertujuan untuk melestarikan sekaligus untuk mengevaluasi perkembangan adat istiadat dari 15 marga yang ada di Kabupaten Muba baik kendala dan hasil yang telah dicapai selama tahun 2017.

“Kegiatan ini diikuti sebanyak 64 orang peserta yang terdiri dari seluruh pengurus Forum Musyawarah Pemangku Adat Muba,” tuturnya.

Sementara itu Wakil Ketua Forum Musyawarah Pemangku Adat Muba DR (HC) Drs H Yusman Haris, mengharapkan bantuan dan dukungan dari Pemkab Muba, terkait pakain adat juga rumah adat sekaligus untuk kantor forum tersebut.(Reza)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here