SHARE

SEKAYU, FOKUSWARTA – Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) diketuai oleh Edi Sufari menggelar audiensi dengan Bupati Muba bertempat di Ruang Rapat Bupati Muba, Kamis (26/10/2017).

Disampaikan oleh Ketua Apdesi bahwa, beberapa aspirasi dari seluruh Kepala Desa (Kades) dalam wilayah Kabupaten Muba. Diantaranya meminta peran serta Kades dalam pengawasan pembangunan di daerah masing-masing, mengembalikan Anggaran Dana Desa (ADD) 1 Milyar 1 Desa dan pemeraataan pembangunan di setiap kecamatan.

“Kami mengucapkan terima kasih  Bupati berkenan menerima audiensi kami hari ini, tak banyak yang ingin kami sampaikan, kami yang tergabung dalam Apdesi ini merupakan wadah untuk menampung aspirasi dari masyarakat desa kami masing-masing, dan mengaharapkan agar aspirasi yang disampaikan dapat terealisasi, “jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin dihadapan seluruh perwakilan Kades dari setiap kecamatan bahwa Komitmen Pemkab Muba terhadap pembangunan infrastruktur meliputi perbaikan jalan, listrik dan air bersih merupakan program prioritas tahun ini, karena menjadi kebutuhan pokok bagi penunjang peningkatan ekonomi masyarakat di setiap desa, oleh karena itu pada APBD tahun 2018 prioritas dianggarkan pada pembangunan infrastrutur.

Mengenai ADD agar dikembalikan seperti dulu tentunya perlu difahami, karena harus dilihat dari postur anggaran, harus sejalan dengan kebutuhan prioritas pembangunan di Muba, penganggaran dana harus sesuai dengan asas kepatuhan dan kepentingan, namun harus diperhatikan juga untuk perangkat desa dana operasionalnya jangan sampai kurang.

“Saya setuju program satu milyar satu desa, namun saya lebih setuju lagi jika Desa bisa berkembang, mandiri dan bisa meningkatkan perekonomian dengan potensi desa masing-masing, tugas kita sebagai pemerintah ialah membina desa, serta mempersiapkan sarana dan prasarana contohnya seperti replanting sawit kemarin, dan kedepan saya punya cita-cita untuk bangun Pabrik Kelapa Sawit milik masyarakat dan dikelola oleh Bumdes bekerjasama dengan perusahaan setempat untuk menunjang pendapatan di setiap desa, “tukasnya.

Rapat turut dihadiri Plt Sekda, Drs H Apriyadi MSi, Kepala Bappeda, BPKAD dan Kepala DPMD Kabupaten Muba.(reza)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here